Press "Enter" to skip to content

POLRES BUKITTINGGI MELATIH DALMAS SAT POL PP KOTA BUKITTINGGI

Sebagai bentuk sinergisitas antarinstitusi Polri, Satuan Sabhara (Satshabara) Polres Bukittinggi dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Bukittinggi menggelar pelatihan pengendalian dan pengamanan massa (Dalmas), di Halaman Mapolres Bukittinggi, sekitar pukul 09.00 WIB, Kamis ( 22/11).

Kapolres Bukittinggi Akbp Arly Jembar Jumhana,Sik.MH melalui Kasat Sabhara Polres Bukittinggi Akp Jefri Afridan,SH,MH mengatakan, pelatihan Dalmas dilakukan karena keduanya memiliki tugas dan fungsi yang sama. Yaitu pengamanan. Penertiban, dan penjagaan, serta gerak penegakan peraturan.

“Jadi, sangat penting dilakukan. Sinergi antara dua institusi cukup baik dalam menjaga ketertiban umum dalam masayarakat, terutama dalam hal Kamtibmas,” kata Akp Jefri Afridan,SH,MH

Pelatihan itu, kata Kasat Sabhara, di antaranya sikap kewaspadaan regu pengamanan sampai tindakan pembubaran massa saat terjadi kerusuhan. Selain itu, kerusuhan warga antardesa atau kelurahan dan kerusuhan umum lainnya.Selain itu juga diberi pengarahan, cara dalam gerak maju bertahan di kerumunan massa yang bertindak anarkis dan arogan.

“Dalam pelatihan diberi arahan bagaimana sikap satu kesatuan dan satu komando agar regu atau tim tidak terpancing emosional atas tindakan kerusuhan massa yang anarkis. Hingga membuat bubarnya satu pengamanan,” kata Kasat Sabhara

“Ide ini bukan sekedar┬áseremonial belaka, tapi wujud kebersamaan dan kesinergian antara dua institusi berkaitan dalam tugas pokok dan fungsi. Pelatihan dijadikan dalam satu komando pengamanan,” kata Kasat Sabhara mengakhirinya ( Yuliant/Humas)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.